Saturday, January 24, 2009

Mengganti ban mobil ceria di toko model bridgestone

Setelah cukup lama tertunda akhirnya kesampaian juga niat saya untuk mengganti ban mobil ceria saya. Alasan saya mengganti ban mobil saya, cukup jelas, karena secara fisik yang di persyaratkan pabrikan sudah harus diganti. Selain itu juga saya ganti ban lain yang sebetulnya masih cukup bagus, namun karena ban itu seringkali kehilangan tekanan sampai setengahnya dalam waktu seminggu pemakaian, ya saya ganti.
Berangkatlah saya tadi pagi ke Toko Model Bridgestone Pratama Motor di sekitar jababeka. Spesifikasi ban saya 155/70 R12 model B390 merk Bridgestone. Ketika sampai di sana. Kesan pertama saya, sudah terpengaruh dengan karyawan-karyawan nya yang berseragam semua. Rapih pikir saya. Kemudian saya perhatikan sudah hampir penuh, maklum tadi jam 10 datangnya.
Setelah dibantu parkir masuk ke halaman bengkel, datang karyawan yang agak senior membawa checksheet - gue suka ni, gaya orang pabrik soalnya, mirip gue - mengitari mobil gue sambil mencatat data mobil dan bannya. Setelah selesai, kemudian dia memarkirkan mobil saya dan meminta saya ke office untuk mendiskusikan pekerjaan pergantian ban.
Di office saya minta pergantian ban dan pekerjaan tambahan lainnya. Harga ban persis milik mobil saya Rp 335.000.- sudah termasuk balancing. Saya tambahkan pekerjaan balancing untuk kedua ban yang belum diganti, biayanya Rp 15.000/Ban. Tujuannya supaya tidak mengacaukan performance ban baru yang saya pasang di depan.
Kemudian saya tambahkan pekerjaan spooring. Disini pekerjaan spooring ada 2 macam. Spooring biasa 65.000 rupiah dan spooring 3D biayanya 100.000 rupiah. Kenapa saya lakukan spooring. Saya punya pengalaman pahit ban yang tidak dilakukan spooring. Ban habis pada bagian pinggir, mirip ban angkot yang gak dirawat dgn baik:). Selain itu juga saya pengen test kemampuan spooring disini. Saya pikir urusan ban, yang paling jago ya pabrikan ban itu sendiri. Jadi coba ajalah sekali. Lagian kalo jelek saya jadi tau, kalo ToMo ini gak capable menangani spooring.
Saat spooring, operatornya kesulitan mencari model yang sesuai untuk mobil saya. Saya minta dia panggil bosnya. Bosnya datang dan memilih settingan sirion/storia untuk mobil saya. Saya liatin aja terus sampai proses settingan selesai. Angka yang ada di komputer bisa masuk standard, meskipun tidak dititik idealnya. Saya coba untuk tidak ambil pusing dengan angka-angka tersebut dan lebih memilih mencoba Langsung di jalan.
Dicoba lah di jalan. Masuk ke jababeka. Pertama yang bawa dia, saya perhatikan terus setirnya, tidak ada goyang sama sekali, dan berjalan lurus. Not Bad I think. Kemudian saya yang bawa, speed saya naikkan ke 80km/jam, steer tidak tertarik ke kanan dan ke kiri. Bagus. Cukup lah testnya, berhubung saya juga ada agenda lain.
Total biaya Rp 800.000, plus 3 %, karena saya pakai credit card. Oh ya ada garansi Lho seminggu.
Ok Nanti saya lanjut lagi untuk review setelah pemakaian seminggu.

0 comments:

About This Blog

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP